+6281216100200 info@undukangarden.com
ini cara termudah turut merawat bumi

Ini Cara Termudah Turut Merawat Bumi.
Bumi bukan hanya tempat berpijak manusia, melainkan juga planet yang hidup dan turut menjaga keseimbangan alam semesta. Akhir-akhir ini di beberapa media beredar mengenai tajuk “Lekaslah membaik bumiku” yang menjadi begitu viral. Beberapa bulan ini “bumi sedang mengalami pemulihan” yang begitu nyata terlihat. Mulai dari tingkat menurunnya potensi bencana, udara yang lebih segar, laut yang tenang, bumi yang hijau mendamaikan.

Akan tetapi, itu semua akan sia-sia belaka atau bahkan menjadi semakin memburuk ketika pandemi ini usai, jika manusia yang menapaki bumi berulah semakin menjadi-jadi mengikuti nafsu memperburuk keadaan bumi. Tentu saja banyak dari kita yang tidak merasa dan bersikap biasa saja terhadap apa-apa yang menyakiti bumi, karena bumi tidak pernah berteriak lantang untuk membuat kita sadar. Apa maksudnya?

Sekarang saya akan bertanya kepada diri sendiri, dalam sehari seberapa jauh jarak yang ditempuh menggunakan motor atau mobil? Seberapa sering saya bersedia jalan kaki atau bersepeda cukup jauh? Berapa banyak makanan/minuman berbahan plastik yang saya konsumsi? Belum juga sampah rumah tangga yang setiap harinya tidak pernah alpa. Meskipun tentu saja keberadaan pabrik-pabrik non-renewable energy turut mengakibatkan semakin krisis iklim.

Ini Cara Termudah Turut Merawat Bumi

Polusi, limbah dan sampah milyaran manusia setiap harinya tentu membuat bumi kita begitu jengah bukan? Untuk itu, mari kita bersama-sama menghargai jerih payah bumi memulihkan diri dengan memperbaiki pola kegiatan keseharian kita, mengurangi penggunaan bbm, menghemat listrik, hemat kertas, meminimalisir penggunaan kantong plastik, dsb. “Kalau bumi tak henti-hentinya berusaha sehat, maka manusia pun pastilah mampu.”

Baca Juga : Hidup Berkelanjutan dan Selaras dengan Alam

Baca Juga : Investasi Masa Depan Untuk Bumi

Udara yang sejuk di pagi hari tentu mampu menjernihkan pikiran. Disisi lain, bayangkan jika tiap-tiap dari kita punyai beberapa tumbuhan di rumahnya baik itu berupa bunga, tanaman obat, taman ataupun pohon-pohon yang berbuah, tentu banyak untungnya. Dengan berkontribusi kepada bumi dimulai dari diri sendiri, keluarga sendiri, wilayah sendiri juga kota sendiri, masyarakat perlahan-lahan akan sampai pada kesadaran global akan pentingnya merawat lingkungan.

Sampai disini, saya rasa netizen yang cerdas akan cepat tanggap menangkap apa tujuan tulisan ini. Karena, menanam tumbuhan itu mudah dan murah. Tinggal menyesuaikan media dan jenis bibit apa yang cocok, bisa juga ambil dari bahan dapur dirumah dan hidroponik akan jadi favorit saya. Apapun pilihan kalian, tidak akan ada yang begitu sulit. Jangan lupa bertekad diiringi niat dan semangat baik. Selamat Menanam dan Salam Lestari!

Kontributor | Dewi Ailam