+6281216100200 info@undukangarden.com

investasi masa depan untuk bumi

Investasi masa depan untuk bumi

Lingkungan hidup adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Membantu melestarikannya merupakan suatu kewajiban bagi kita, sebenarnya. Sayangnya, sebagian besar dari manusia belum atau abai akan hal ini dan hanya memikirkan diri mereka sendiri hanya untuk mendapatkan keuntungan besar dari hasil kekayaan alam tanpa sibuk memikirkan dampak bagi lingkungan.

Untuk mengurangi ketidakpedulian tersebut, kita harus berusaha menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan kepada anak-anak sejak dini. Jika dilihat dan dibayangkan saja akan terlihat sulit karena apa? Anak-anak jaman sekarang lebih memilih gadjet daripada bersatu dengan alam. Di samping itu butuh kesabaran ekstra agar membuat mereka merasa diperhatikan dan membuat mereka paham dengan yang kita ajarkan. Namun, apabila nilai-nilai kepedulian telah tertanam dengan baik. Kedepannya mereka mampu menjaga lingkungan dengan baik karena anak adalah investasi masa depan, untuk kita dan tanah air tercinta.

Beberapa contoh sederhana yang dapat yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan hidup, diantaramya sebagai berikut:

1. Menjadi teladan yang baik bagi anak

Kenapa harus demikian? karena anak-anak  cenderung akan mudah menagkap prilaku orang-orang yang ada di dekat mereka terlebih jika mereka masih balita. Dengan memberikan contoh yang baik tentang prilaku untuk menjaga lingkungan, mereka akan dengan mudah meniru prilaku tersebut. Namun, sebagai orang tua harus tetap memberikan pengawasan serta arahan supaya prilaku mereka dapat berjalan sesuai yang kita inginkan.

2. Mengajarkan anak untuk berkebun

Apabila Anda memiliki taman di rumah, berkebun merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Melalui berkebun, kita dapat mengajarkan mereka apa itu tanggung jawab dan kedisiplinan?. Karena dalam berkebun tidak hanya menanam saja kemudian tidak dirawat, itu sia-sia belaka. Di sini anak diajarkan mengenai banyak hal, merawat tanaman yang mereka tanam, dari mengurus tanah tempat menanam, memberikan pupuk, menyirami tanaman setiap hari. Kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian anak terhadap tanaman beserta lingkungan di sekitarnya, untuk investasi masa depan untuk bumi.

3. Mengajarkan anak untuk menghemat air dan listrik

Berlebih-lebihan dalam segala hal itu tidak baik. Misalnya, mengajarkan kepada anak agar tidak membuang-buang air, mematikan barang elektronik yang tidak digunakan, mematikan lampu yang menyala di pagi atau siang hari, dll.

Hemat dalam menggunakan air dapat menyelamatkan kehidupan di Bumi. Air menutupi 70% permukaan bumi. Namun 97% berada di lautan dan 2,5% beku, terkunci di kutub utara, kutub selatan dan glaciers, sehingga tidak dapat dikonsumsi. Dengan demikian di bumi hanya ada 0,5% air tawar untuk memenuhi ekosistem yang ada di bumi dan kebutuhan manusia termasuk untuk kegiatan pertanian, industry, dan rumah tangga (WBCSD,2005; Chiras, 2009).

Baca Juga : Hidup Selaras Dengan Alam

Kemudian terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Jurnal Environmental Science and Technology dari Universitas of Wisconsin-Madison menjelaskan bahwa, menghemat energi juga dapat menyelamatkan nyawa bahkan mengurangi lebih banyak biaya untuk mengurangi efek kesehatan yang merugikan disebabkan oleh polusi udara.

4. Mengajak anak bermain di Alam

Dengan bermain di Alam, kita akan lebih mudah dalam memberikan gambaran-gambaran mengenai lingkungan yang harus kita jaga keberadaanya. Kita harus mengedukasi mereka agar tidak semena-mena terhadap Alam untuk menjaga lingkungan hidup mereka sendiri, misalya dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengolah sampah agar dapat dimanfaatkan, tidak asal mencabut tanaman liar, tidak mengotori apalagi merusak lingkungan, dsb.

5. Memberikan barang-barang dan tanaman kepada mereka yang lebih butuh

Apabila kita memiliki barang-barang yang tidak dibutuhkan, seperti pakaian atau memiliki tanaman yang cukup banyak, sebaiknya kita mengajak anak untuk menyumbangkannya kepada panti asuhan atau badan-badan yang membutuhkan barang-barang dan tanaman tersebut. dengan berbagi, anak-anak akan lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya dan lebih meghargai apa yang mereka miliki.

Beberapa hal di atas merupakan cara menumbuhkan cinta terhadap lingkungan pada anak-anak sejak usia dini. Sebagai orang tua kita harus berusaha menjadi teladan yang baik untuk mereka. Dengan cara seperti apa? Selalu mengawasi dan memberikan arahan untuk anak agar mereka lebih peduli dengan lingkungan. Terimakasih atas kesempatannya, semoga bermanfaat.