+6281216100200 info@undukangarden.com

tanaman untuk penyaring udara rumah

Rumah sebagaimana tempat yang paling sering kita diami haruslah layaknya memiliki lingkungan yang bersih, dari segi air sampai udara sekalipun, tanaman murah untuk penyaring udara rumah sangatlah penting. Tapi jika anda tinggal di daerah yang rawan akan polusi udara yang di hasilkan oleh padatnya kendaraan lalu lintas tentu akan berefek pada pencemaran udara di rumah yang anda tinggali juga. Lalu bagaimana cara mengurangi pencemaran udara tepatnya di lingkungan rumah?

Penyaring udara alami cenderung tidak menguras kantong. Penyaring alami yang di maksud adalah tanaman. Di satu sisi mampu menghias lingkungan juga mampus mengurangi polusi udara pun bertambahnya kadar CO2 akan ikut bertambah menambah kesejukan dan berperan menambah peran pola Hidup Sehat anda.

Disini saya merangkum 5 tanaman penyaring udara dengan harga ekonomis dan yang penting tidak menguras kantong dengan dalam, berikut adalah tanaman murah untuk penyaring udara rumah.

1. Lidah Mertua.

Tentu anda tidak begitu asing dengan Tanaman Lidah Mertua atau Sanseviere, hampir sebagian besar Rumah memiliki tanaman ini. Mampu hidup dalam dengan sedikit air dan minimnya cahaya matahari adalah keunggulan utama dari tanaman ini. Anda tidak perlu sering-sering untung menyiraminya, mampu hidup dengan minim cahaya menjadi alasan kenapa tanaman ini cocok untuk  dijadikan tanaman Indor. Memiliki ciri-ciri daun yang keras, berdiri tegak dengan ujung daun yang meruncing.

Tidak hanya mampu menyerap udara yang kotor berupa bau yang tak sedap dari kulkas salah satunya. Tapi juga mampu mengurangi Radiasi yang ditimbulkan dari peralatan elektronik di rumah anda. Begitu lengkap bukan untuk sekedar sebuah tanaman? Khasiat lainnya meredam sakit kepala dengan membakar daunnya sampai membuat rambut anda berkilau dengan memfaatkan akarnya.

Lalu untuk harga berkisaran dari Rp. 7.000 sampai Rp. 15.000 saja anda sudah bisa menanamnya di Rumah.

2. Andong atau Hanjuang.

Termasuk dalam keluarga Asparagaceae, memiliki nama ilmiah Cordyline fruticosa berasal dari Austronesia (Asia Tenggara dan Osenia).  Ciri-ciri umum tanaman Andong  ialah perdu yang bercabang, mampu tumbuh tinggi 2-4m atau bahkan lebih. Memiliki tangkan daun yang menyerupai talang dan ujung daun runcing berwarna Hijau, Merah atau Lorek.  Tanaman ini sering di pergunakan sebagai tanaman pembatas, entah itu pada pekarangan, ladang sampai Perkebunan di Indonesia.

Tanaman ini cenderung juga bermanfaat sebagai obat alami. Karena banyak riset menunjukan Andong mampu menyejukan darah, mencegah keguguran batuk darah dan masih banyak lainnya. Ini juga kenapa Tanaman ini sangat banyak di tanam oleh orang selain fungsi medis tersebut dan juga mengurangi polusi udara tentunya.
Untuk harga sendiri berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 untuk Andong Hijau.
Sedangkan untuk Andong Merah berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

Baca Semua Tips Menarik Lainnya : Disini

3. Pakis Boston

Tanaman Pakis Boston bisa tumbuh secara liar di sekitar anda, dalam daftar ini mungkin ternilai gratis jika anda mampu mencari di sekitar dan menanamnya secara sendiri. Pakis Pedang atau Pakis Boston masuk dalam keluarga Tumbuhan Paku. Keunggulan utama tanaman ini adalah mampu beradaptasi cepat membuatnya menjadi tanaman yang tangguh dan awet jika di pelihara. Memiliki ciri daun yang menyerupai sirip dengan pola yang padat, menjuntai keluar.

Khasiat tanaman ini cukup banyak dan yang paling menonjol adalah menyaring udara kotor yang beracun dari sekitar lingkungan. Maka dari itu Tanaman ini sangat sering di jumpai di teras Rumah.
Kisaran harga tanaman ini berharga 10.000 sampai 25.000.

4. Lidah buaya.

Lidah buaya atau Aloe Vera adalah tanaman daun berdaging tebal yang masuk dalam genus Aloe.  Ciri umum yang paling mudah di jumpai yaitu pinggir daunnya berbentuk serrata (seperti gergaji) lalu daunnya berdaging tebal dan berwarna hijau.

Lidah buaya sering di gunakan untuk perawatan kencantikan bahkan sampai mempercepat penyembuhan luka. Bagian gel yang berada dalam daunnya lah yang di Gunakan sebagai bahan Utama. Maka jangan heran jika banyak produk kecantikan banyak yang menggunakan gel dari daun lidah buaya sebagai bahan utama maupun sebagai bahan campuran.

Sedangkan untuk fungsi penyaring udara. Lidah buaya mampu menyerap Benzena, dan berbagai bahan kimia ringan yang berterbangan di lingkungan tanaman Lidah buaya itu sendiri. Cukup lengkap bukan? Selain berguna untuk merawat tubuh secara fisik tapi juga mampu menjadi alat murah meriah penyaring udara.
Kisaran harga Lidah buaya berkisar 10.000 sampai 20.000.

5. Sirih Gading.

Sirih gading atau Epipremnum aureum adalah tipe tanaman merambat semi-epfit. Ciri yang paling umum tanaman ini adalah daun lebar berwarna belang kuning cerah hingga pucat. Tanaman ini cenderung tumbuh secara cepat tanpa perawatan istimewa, dan soal pembibitan pun tidak perlu susah susah. Anda cukup memotong batang merambat yang sudah di memiliki akar, tinggal memindahkan ke media tanam baru.

Tanaman ini sering di jumpai pada teras rumah atau di halaman rumah dan merambat dengan cepat, jadi jangan heran jika tanaman ini cukup murah dan efesien sebagai penyaring udara di teras anda.
Kisaran harga tanaman ini berkisar 5.000 sampai 15.000

Sekian tentang tanaman murah penyaring Udara, selain menjadikan penyaring alami dari udara kotor, tapi juga mampu menjadi penghias kebun, teras bahkan ruangan dalam rumah anda. Jadi, tidak harus mengeluarkan modal banyak bukan untuk sekedar membuat rumah anda bersih dari udara yang kotor?

Kontributor | Adi Candra